TENTANG BEHEL


Hai good readers,

Ini aku mau cerita “kenapa aku pake behel”. Harusnya tulisan ini uda ku rilis (ciee... bahasanya, rilis. Film kalii ah -__-) tahun kemarin. Tapi entah kenapa di tahun kemarin itu rasanya males banget kayak ada kenangan yang tertinggal gitu *eh~~

Sebenarnya pengen banget pake behel itu saat kuliah, tapi karena posisiku masih kuliah, yang statusnya masih jadi pengemis terhormat alias duit masih minta ibu ayah, jadi ya ku urungkan niat pasang behel. Ya secaraaaa... mahaaal siss ._. , aku kan anak baek, tidak mau merepotkan orang tua #eciee *LOL, Jadi ya nunggu sampek uda kerja dan pegang uang sendiri. So sweet bukaaan? *mata cinta kedip-kedip*

Sebelum pake behel, aku merenung “apakah nanti pantes?” “nanti kalau tambah jelek gimana?” “kalau gak cocok gimana?” (gak penting yak -__-) “sakit gak ya?” “nyaman gak ya?”. Sambil merenung, aku juga googling sana sini, cari refrensi ini itu. Bukan Cuma itu aja, aku juga minta pertimbangan ibu. Bagaimanapun juga, aku harus ngomong dulu sama ibuk *duh.. kayak mau dilamar aja, serius banget* haha.. Awalnya ibuk sih kurang setuju, begitu pula mbakku yang tau kalau aku mau pasang behel. Mereka kompak menolak “jangan ah... nanti jelek”, “jangan ah... serem deh kalo liat orang pake behel” -__-. Oke, hari itu sampek situ aja. Aku gak minta pendapat lagi. Namun besok-besoknya setelah aku memantapkan diri *duh, ini lebay banget*, aku ngeyakinin ibu lagi kalau aku mau pake behel. Udah fix, akhirnya di ijinkan.

Awalnya make sih, orang rumah aneh ngeliat aku. Haha.. apalagi ponakan-ponakan yang masih kecil,selalu tanya “mbak, giginya itu ada apanya sih” .___., jangankan orang rumah, aku sendiri aja ngerasa aneh. Sampek-sampek kerja ga pede dan harus ku tutupi masker terus hingga berminggu-minggu, haha...  

Jadi, selama aku pake behel, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk *kayak artis aja* hhihi, check this Question and Answer !!

Q & A
Q         : kamu kenapa pake behel? Gayaa banget!
A         : duh.. ya kali... kalo aku kaya raya gitu, aku      uda gaya dari sejak jaman kuliah. Ini nih,         gak liat gigiku ga santai gini. Masak gigi kok     kayak bantal guling, numpuk-numpuk gitu        - __- udah gitu si gingsul menonjol pulak

Q         : haha.. lha kan manis kalo ada gingsulnya?
A     : ya kalau yang lain mah manis, kalo aku asem. Haha.. pokok gak pede lah klo mau senyum pe*sodent, hihi

Q         : trus gimana rasanya pake behel?
A        : ya gak gimana-gimana. Yang pasti gak pake              rasa manis, asin atau pedas sih :p

Q         : sakit gak pake behel?
A         : enggak sih

Q         : lho.. kok banyak yang ngeluh sakit kalo pake behel?
A      : bukan sakit sih, tapi ngilu, haha... Tapi ngilunya gak setiap hari kok. Cuma awal pemasangan, paling lama ya seminggu duaminggu tiga minggu *eh kelamaan* haha.. paling semingguan kok (seingatku). Trus pas ganti karet warna-warninya ini yang tiap bulannya, sehari itu pasti ngilu.

Q         : sebelum masang, apa saja yang harus dilakukan?
A      : yang pasti harus konsultasi dokter. Lalu kalo oke, di atur hari buat cabut gigi, kemudian cetak gigi atau bisa saja rotgen gigi, lalu atur lagi buat pasang. Mudah kok

Q         : cabut gigi itu sakit ga?
A         : yang pasti, lebih sakit cabut gigi daripada pasang behel

Q         : Kamu cabut berapa gigi?
A         : Untungnya Cuma satu. Hehe.. soalnya paraaah.. sakitan gigi dicabut daripada pasang behelnya sendiri.

Q         : ihh... serem yaaa...
A         : bangeet.. !!!

Q         : soal biaya, gimana?
A         : ya browsing sendiri lah. Pasti tau :)

Q         :  kisarannya deh...
A        : Hmmm... buat beli henpon ipin bisa atau bisa juga buat biaya jalan-jalan ke korea *emoticon mata cinta*

Q         : Hmm... mahal yaa...
A         : ada yang murah kok

Q         : Oia, berapa dan dimana?
A         : Ituuu, di instagram-instagram. Pasang – lepas behel , murah meriaah, haha

Q         : Zzzzzz -_-, oia, aku pernah baca, kalau umur itu nentuin gak sih dalam pemakaian?
A       : iya, bener banget. Jadi kalau uda masuk umur dewasa, maka perawatannya agak lama. Karena tulang wajah sudah tidak berkembang. Jadi jangka waktu pemakaiannya itu lumayan lama

Q      : tapi tetep bisa kan? Misal nih, aku sekarang umur 25 tahun, gapapa pake behel? Masih bisa berfungsi kawatnya?
A      : ya boleh dan tentu bisa. Kenapa harus gak boleh? kan ga ada batasan umur buat pasang behel. Hanya saja, perawatan dan pemakaiannya behel itu lama.

Q       : ohh.. oke. Oia, pas pake gitu, kamu gak sariawan atau apa gitu? Soalnya aku pernah baca ada yang sering sariawan gitu
A         : hmm... kalau sariawan seperti biasa sih nggak ya. 

Q         : maksudnya sariawan seperti biasa itu gimana?
A       : maksudnya kalo sariawan biasanya kan perih tuh kalau dimasukin makanan yang asem-asem atau sakit gitu hingga bibir dower dan sejenisnya. Kalau akibat pemakaian behel sih, gusi kegesek karena kawat, hingga ada bekas gesekan alias luka. Tapi lukanya ga sesakit sariawan yang perih-perih gitu. Gimana ya jelasinnya.. hehe.. tapi yang pasti nanti dikasih sama dokternya alat penangkal antara kawat dan gusi *apasih aku ini* -_-, ahhaha..

Q        : duh... berarti sakit dong, trus makannya gimana? Katanya kalau pake behel itu bikin kurus ya...
A        : awal pemasangan ya pasti ngilu ya kalau dibuat makan. Secara... gigi kita ditempeli alat-alat bangunan *eh *LOL*, tapi lama kelamaan ya gapapa kok, biasa aja makannya, kek kalian yang gak pake behel gitu..

Q         : trus perawatannya gimana?
A         : perawatannya sebulan sekali ke dokter gigi. 

Q        : sikat giginya gimana?
A        : nanti dikasih kok sama dokternya sikat gigi khusus yang make behel. Jadi, tenang aja :)

Q        : kalau makan gitu, apa gak nyangkut-nyangkut gitu?
A       : ya pasti lah, gigi lubang atau ada celah aja makanan nyangkut kek mantan yang masih cinta kok, apalagi ini yang giginya atas bawah dikasih pager -_-

Q        : lha... trrus gimana doongg, kan risih kalau nyangkut-nyangkut gitu!
A        : ya awalnya aku pasti standby sikat dan tusuk gigi. Tapi lama kelamaan makanan uda bisa lepas sendiri kok, kek pacar yang uda ga sayang gitu, lepas-lepas ndiri *duhduh*. Betewe, ini pertanyaan banyak amat siss! Udah kalik ah,capek nulis!!

Q         : hahaha... sory sory sis.. abisnya seru sih ngobrol sama sista *emoticon mata cinta*
A         : yaiyalah seru.. lha ini aku yang nulis sendiri yang muji muji sendiri, cian amat !! hiks! Eh tapi itu pertanyaan dan jawabannya beneran kok. Bukan aku yang tanya sendiri dan jawab-jawab sendiri. Serius deh, bener kok ada beberapa makhluk hidup yang tanya aku dan jawaban memang aku yang jawab kok siss! *kalii aja salah paham gitu* -_- huehehe..

Jadi itu sebagian dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk tanya “Tentang Behel”. Buat kalian yang memau pasang behel, siapkan mental jasmani dan rohani *apasih ini*-_-, haha... eh tapi jangan kuatir, sekarang ada kok macam behel yang gak keliatan gitu kalo lagi pake behel. Asal siapkan budgetnya aja sih! hehe... tapi kalau kalian mau pasang, ya mending karena niat mau rapiin gigi aja. Soalnya aneh aja pake behel *padahal aku pake* -_-. Oia, kalau mau pasang buat merapikan gigi, sebaiknya ke DOKTER GIGI., Sp. Ort. Hindari ke tukang gigi atau ahli gigi. Apalagi yang cek IG siss , *ehmaap.. hehe..
Jadi kalian yang uda punya gigi rapi dan cantik, mending bersyukur deh.. bisa senyum PD :)

No comments:

Powered by Blogger.