Skripsweet versus Skripshit!! *LOL

Dalam dunia perkuliahan, terdapat berbagai macam cobaan dan berbagai macam kebahagiaan. Salah satu kebahagiaan itu ketika libur panjang tanpa ada tugas, tanpa mikirin kuis, tanpa mikirin kuliah, yang ada dipikiran kita hanya liburan, liburan dan liburan. Haha.. Dan salah satu cobaan terberat ketika kuliah adalah tugas akhir atau skripsi, haha.. santai brooo,, gak melulu skripsi itu cobaan yang memberatkan kok. Itu kalo elo ngejalani dengan santai, enjoy tapi dikerjakan. Bukan dipikirin mulu tapi gak dikerjakan -________-


Skripsi itu adalah tugas akhir bagi mereka-mereka yang menyandang gelar semester akhir, semester lama, semester basi juga kali ya.. hehe.. Skripsi itu penelitian yang kita lakukan buat ngedapetin sebuah kertas, "Ijazah". Kalo lo SD, SMP dan SMA, buat ngedapetin Ijazah harus ikut berbagi ujian mulai dari UAN, UAS dll. Kalo S1 cuma 1 kok syaratnya, ngerjain SKRIPSI. Udah itu aja, gak pakek dll. Skripsi itu penelitian yang harus dilakukan secara original dari karya kita sendiri. Bukan elo ngambil penelitian orang lalu elo tinggal copy paste dan jilid gitu aja -___- Itu plagiat namanya. Gak boleh yaa ._. ,Terkadang skripsi dijadikan momok terbesar dalam kehidupan selama menjadi mahasiswa. Tapi jika elo ngejalani dengan santai, enjoy, ikhlas, senang hati dan DIKERJAKAN bukan DIPIKIRIN melulu, pasti skripsi itu bakalan menjadi kenangan terindah yang elo miliki selama menjadi mahasiswa. Ahay :D


Kalo skripsi gak kelar-kelar, biasanya mereka nyebutnya itu adalah bagian dari mimpi buruk selama menjadi mahasiswa. Yah, skripsi itu tugas panjang dan gak selesai-selesai. Saat ngisi KRS (mahasiswa lama) 1 semester isinya cuma SKRIPSI doang dengan 6 SKS. Belum lagi tetep bayar spp penuh -_____- aahh.. kasian nyokap bokap yah kalo selama semester itu gak dimaksimalin buat ngerjain dan nyelesain skripsi. Soalnya kalo skripsinya gak selesai, kita nginput lagi skripsi di KRS kita. Bayar lagi. Berurusan sama bagian akademik lagi. Huaah.. hal yang membosankan tiap semester *eh :D , tapi tidak selamanya skripsi gak selesai itu karena diri kita sendiri. Mungkin banyak hal yang bikin skripsi kita gak selesai, seperti:
1. Mungkin karena dia (mahasiswa) kuliah sambil kerja, jadi tiap harinya disibukkan dengan kerjaannya.
2. Mungkin dia (mahasiswa) ada masalah pribadi, masalah keluarga atau masalah lainnya yang menyebabkan gak bisa ngelarin skripsi tepat pada waktunya.
3. Mungkin dia (mahasiswa) sudah gak ada passion buat nyelesaian kuliahnya dan dia lebih memilih hoby lain dibanding ngerjain skripsi (ini klo tega sama orang tua yang udah biayain ya :D, haha).
4. Mungkin dia (mahasiswa) phobia sama hal-hal yang berbau riset, jadi itu alasannya skrispinya gak selesai (kayaknya gak ada deh mahasiswa phobia sama riset -____- *ngaco)
5. Mungkin dia (mahasiswa) masih suka dan sayang sama kampus, makanya dia gak mau nyelesain skripsinya, karena dia gak mau segera di wisuda dan meninggalkan kampus tercinta.
6. Mungkin dia (mahasiswa) nungguin pacarnya yang masih semester dibawahnya. Jadi biar kompak dan keliatan romantic couple gitu ujian skripsi dan wisuda bebarengan -________-
7. Mungkin dia (mahasiswa) masih menikmati masa-masa jadi senior abadi. Kan biasanya keren kalo dapat gelar mahasiswa abadi yang sampek tumbuh uban dan jenggot :)) haha..
8. Lha klo ini sangat mungkin sekali. Mungkin si dosen pembimbingnya lagi sibuk kuliah, sibuk kerjaan, sibuk ngelahirin, sibuk travelling atau sibuk-sibuk lainnya sehingga anak bimbingannya sulit menemuinya buat sekedar say hello, konsul atau minta acc.
9. Atau mungkin si dosen pembimbing, minta skripsi yang perfect ala-ala disertasi gitu. Jadi otak anak S1 disuruh jadi otak anak s3. Belum nyampek pak, buk -_____-"
10. Mungkin gue ini nulis alasan-alasan itu sambil tidur, masak ngawur semua gitu. Haha.. This is just joke guys! :*


Yah.. itu alasan-alasan mengapa si skripsi tidak segera selesai. Tapi kalo skrispi itu selesai, pasti orangnya rajin? aah.. gak juga.. mungkin ada alasan kenapa skrispi itu segera selesai dan dikerjakan, seperti ini:
1. Mungkin dia (mahasiswa) gak mau bayar spp lagi untuk 1 semester yang hanya diisi dengan skripsi aja (ini mahasiswa biasanya yang kasihan dengan ortunya)
2. Mungkin dia (mahasiswa) yang udah dijodohkan, waktu dan tempat juga sudah dipersiapkan, jadi dia harus ngebut nyelesain skrispinya.
3. Mungkin dia (mahasiswa) emang orangnya rajin. Jadi dia selalu dan segera menyelesaikan tugas-tugasnya tepat pada waktunya.
4. Mungkin dia (mahasiswa) dapat dosen pembimbing yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung *eh :D sekali konsul langsung dapat acc (ada ya dosen kayak gini? ada mungkin. Eh, ga tau deng.. haha)
5. Mungkin dia (mahasiswa) sudah bosan hidup merantau dan segera pulang kampung karena kangen keluarga.
6. Mungkin dia (mahasiswa) yang terlahir sebagai anak terakhir atau anak tunggal yang mana hidupnya selalu di telponin sama orang tuanya segera nyelesain dan kembali pulang untuk merawat orang tuanya yang sudah tua.
7. Mungkin dia (mahasiswa) yang sudah ingin segera mencari kerjaan atau lanjut ke jenjang s2 atau akselerasi s3 nya :D
8. Mungkin salah satu dari alasan-alasan tersebut adalah pengalaman gue. Haha..


haha,, seru kan skripsi itu?? :D coba deh kalo lo pengen ngukir kenangan indah yang tak terlupakan selama hidup lo menjadi mahasiswa. haha..
Bagi para-para "Skripshit" , mereka itu menganggap skripsi adalah:
1. Sesuatu yang membuat depresi berpanjangan, pusing tujuh keliling, gejala tidak nafsu makan dan gejala-gejala lainnya.
2. Sesuatu yang bikin tidur kita tidak nyaman, bahkan menjadi nightmare baginya. Karena setiap tidur, mereka selalu mimpiin skripsi dan si skrip mengatakan "woy.. kapan gue elo garap? kapan gue elo sentuh? Jangan PHP in gue deh" eeerrrr -__________-
3. Sesuatu yang bikin uang habis. Soalnya harus ngeprint banyak refrensi, ngeprint disetiap konsul dan lain-lain.
4. Sesuatu yang bikin waktu seneng-seneng sama temen-temen jadi hilang. Soalnya hidup kita selalu disibukkan dengan skripsi dan menolak ajakan teman untuk berhura-hura.
4. Sesuatu yang bikin kesel. Selain bikin uang abis, gak bisa jalan sama temen, mimpi buruk mulu, pusing, dia juga bikin orang ngamuk-ngamuk dan menahan emosi saat janjian sama dosen tapi si dosen gak kunjung datang atau saat sudah nunggu lama, eh si dosen tiba-tiba ngebatalin buat ketemu karena betapa sibuknya dosennya.


Tapi bagi para "Skripsweet", skripsi itu...
1. Sesuatu yang bikin kita sadar akan pentingnya bangun malam. Ngapain? Yah ngerjain skripsi lah ._. begadang gituuu :D sambil menyelam minum air, jadi sekalian yang gak pernah tahajudan jadi sering tahajud :D
2. Sesuatu yang bikin kita sadar akan nikmatnya puasa senin kamis. Lho kok bisa? ya skripsi kan bikin dompet kita jadi butiran debu nih, jadi daripada gak makan, sekalian diniati aja puasa senin kamis atau bisa jadi lo lo semua ngelakuin puasa nabi daud :D, hemaat beb *LOL
3. Sesuatu bikin kita jadi tambah sabar. Saat lo konsul dan nunggu dosen dengan lamanya lo belajar akan sabar. Disuruh revisi seabrek atau disuruh ganti judul penelitian lo, lo akan belajar sabar.
4. Sesuatu yang bikin kita tambah dekat dengan Tuhan. Yang biasanya elo-elo pada sholatnya bolong-bolong atau pas sholat langsung plencing ilang, pas elo saat ngerjain skripsi, sholat gak pernah ditinggal dan seusai sholat selalu tak lupa berdoa agar skrispi berjalan lancar sampai sidang kelak :D


Ahh.. Menyenagkan bukan ngerjain skripsi itu? Yah.. coba dan rasakan sendiri sensasinya yang luar biasa :D bisa jadi hal tersebut adalah kenanangan yang berkesan dan paling indah didunia, ahaha.. *lebay :))
Coba kerjakan dan jangan suka nundah-nundah deh, pasti dijamin kalian bakalan ketagihan dan pengen ngerasain lagi dengan penelitian :D haha.. Inget kata bang Arya Wiguna (masih jaman ya nyebut orang ini *eh) "WAKTUMU SUDAH HABIS MAHASISWAA.. DEMIII TOGAAAA"


Oke guys, ini hanya blog yang penuh dengan candaan. Jika ada salah-salah kata, gue minta maaf banget. Sayangi Skripsimu :)



No comments:

Powered by Blogger.