Experienced Djogjakarta Alone! (PART I)

Kali ini gue ceritain pengalaman gue selama di Yogyakarta selama 4 hari dan traveling sendirian :|
Gue ke Jogja mulai tanggal 21 – 24 Agustus 2013, gue ke Jogja bukan untuk jalan-jalan sebenarnya. Lebih tepatnya ikut Konferensi gitu. Ahh.. jadi malu, kayak orang penting aja ya.. haha ˇ)-c<ˇ_ˇ)
Yah, Konferensi Psikologi Sosial yang di adakan di UGM. Jadi yang ngadain itu AASP (Assosiate Asian Social Psychology). Karena disitu Asian, jadi ini konferensi International dengan diikuti 100 lebih Negara yang ada di dunia. Pokoknya dari Benua Eropa ada, Amerika ada, Australia juga ada. Tapi yang paling banyak ya Negara-negera yang ada di Asia. Dan karena ini acaranya Psikologi, jadi ya diikuti para Psikologikers (apa sih) se-dunia :D
Dan ini adalah ceritaku SENDIRIAN berkelana ke Jogja -,- Pengalaman yang seru pakek abisssss \(‾\)(_o_) (/)/

Date: August, 21th 2013 (I)
Gue ceritain kronologisnya terlebih dahulu ya :) (kayak kejadian apa aja, pakek bahasa kronologis -,-)
Well, fix gue berangkat pukul 03.00 WIB dari rumah. Gue di anter Ayah Ibu ke terminal bungurasih Surabaya. Yah, gue naik bis ke Jogja. Ya ampuuun.. gue terharu biru banget. Serasa kayak mau hajian gitu di anter rame-rame. Hahaha.. Awalnya gue sama Ayah ngotot-ngototan antara gak boleh pergi karena gue sendirian sama ngotot-ngototan berangkat ke bungurasih jam berapa. Kan gue udah bilang tuh kalo minta anter jam 03.00, eh.. si Ayah ngotot minta jam 02.00 WIB. Soalnya Ayah kan sudah berumur tuh, jadi agak lupa jalan mau ke bungurasih.. gitu.Tapi gue pun nolak berangkat jam segitu, gilak amat jam segitu kan masih enak-enaknya tidur, jadi gue gak mau lah. Haha.. Ibu pun ngebelain gue kalo berangkat jam 03.00 aja. Akhirnya Ayah pun ngalah. Rencananya gue di mobil itu sleepy time. Tapi baru aja naik mobil, Ayah langsung tanya-tanya berbagai macam pertanyaan sampek gue merem pun gak bisa :| soalnya gue sebagai penunjuk jalan. Walaupun gue sering banget naik bis ke bungurasih, tapi gue juga gak terlalu apal-apal banget sama jalan-jalannya. Haha..

Pas mau nyampek tol waru, gue ngantuk banget dan gue berhasil merem. Saat itu harusnya belok k yang arah juanda, eh tapi kita terus aja dan akhirnya nyampek gerbang waru utama. Gue yang baru merem, mungkin dapet lima detik merem udah dikagetin sama Ayah yang bilang “lho zil, kok wes ndok waru? Lho.. waah.. salah iki. Keliru iki. Wes, ya Allah.. dikandani berangkat jam 02.00 ae kok gak gelem, saiki kesasar”. Gue diem aja dan bilang “itu lho yah ada kantor polisi, kesana aja tanya”. Tapi Ayah masih ngomel-ngomel. Haduuuh.. Untung aja, sebelum masuk gerbang utama waru ada police area gitu, akhirnya kita kesitu dan tanya. Memang bungurasih udah kelewatan. Ya Alhamdulillah ada polisi yang mau pulang dan mau nunjukin kita jalan sampek bundaran. Sampek situ sih gue apal. Lha pas gue kasih tau arah-arahnya, Ayah udah gak percaya gue lagi. Hadeh nyebelin :/ lha untungnya ada bis, gue bilang “itu lho bis ke bungurasih, ikutin itu aja”. Abis bilang gitu Ayah gue percaya. Eh tapi pas beberapa menit kemudian, si Bis hilang karena jalannya cepat banget dan karena jalanan masih lenggang dan sepi. Akhirnya Ayah bingung lagi, gue sih tenang aja. Soalnya gue apal banget jalannya. Karena gak mau dengerin gue, gue ya biarin aja, diem aja Ayah ngomel-ngomel. Haha.. Pas udah di medaeng, kan itu masih lumayan tuh ke Bungurasihnya, eh si Ayah bilang “sampean iki gak keliru ta zil, iki wes nang sidoarjo iki, sidoarjo iki. Gak lido wes kesasar”. Ya ampuun.. nyebelin. Pas di depan terminal, gue langsung nunjuk “Tuh terminalnya”, langsung Ayah diem. Haha..

Pas gue sampek terminal, gue kan bawa koper, tas ransel sama dibawain bekal makanan. Haha.. Ibu gue kwatir banget gue nanti kelaperan, padahal bis ke Jogja itu selalu dikasih makan. Haha.. Tapi karena ibu gak tau, dibawain wes :| lha pas nyampek bis yang ke Jogja, gue naik bis eka. Nyampek situ, gue di anter masuk ke dalam bis sama ibu dan ayah. Aslinya gue duduk di bangku bagian nomer 5, eh.. si ibu dan ayah heboh di dalam bis nyuruh aku duduk di bangku nomer 2. Lalu nantain tasku, nyuruh naruh bawah dll. Helloooo... gue sudah 22th mom dad, malu sama orang-orang yang udah di atas bis, diliatin terus :/ tapi ya terharu juga sih. Haha.. Pokoknya gue saat itu bersyukur banget lah, nyasar ada yang nolongin, eh pas naik bis itu gue ketemu kondektur yang ramah dan baik banget. Alhamdulillah yah.. eits, perjalanan gue gak sampek gitu aja. Pas perjalanan ke Jogja, gue tidur. Eh pas sampek terminal solo gue bangun dan sontak kaget liat tulisan SOLO. Soalnya gue selalu denger kalo Solo itu lebih jauh dibanding Jogja. Jadi gue selalu nyimpulin, kalo Jogja dulu baru solo. Gue pun panik minta ampun. Langsung gue nge-bbm temen. Tanya orang yang duduk disamping gue juga. Pokoknya langsung keringetan. Haha.. Maklum gak tau jalan :| eh.. ternyata masih jauh. Yaudah gue tinggal tidur lagi. Haha.. Nyampek Jogja, gue agak panik. Soalnya gue gak tau jalan sama sekali. Jadi gue melek lek lek gak berani tidur walaupun ngantuk banget :/

Oia, karena gue berangkat ke Jogja sendirian dan gak tau kota Jogja, ya walaupun bukan kali pertama sih gue ke Jogja, gue udah bolak balek ke Jogja tapi dalam rangka wisata, jadi ya selalu rombongan. Dan gak pernah sebingung ini nyari tempat tinggal dan lain-lain karena ini kalli pertama ke Jogja sendirian kayak orang ilang. Haha.. Kebetulan, temen-temen gue SMA lumayan lah yang kuliah di Jogja, ada yang di UIN Kalijaga, UII dll. Gue pun ngehubungi mereka-mereka semua yang di Jogja. Seluruh orang yang gue hubungi ternyata pada gak bisa semua buat gue tebengin. Ya Allah, rasanya gue nyeess.. Gue sendirian gak tau kota Jogja, what should I do? :/ huaahh.. T.T rasanya putus asa deh gue. Tapi gue gak mau berhenti sampek situ nyari info. Oia, ini gue lagi bingung nyari info 3 hari sebelum gue berangkat ke Jogja. Setelah temen-temen gue pada gak bisa ditebengin, gue pun nyari info hotel murah via googling. Kenapa murah? Yaiyalah, nyesuain kantong gue ._. setelah googling, gue dapat penginapan murah sebagai cadangan. Tapi gue gak putus asa, gue terus tanya ke temen-temen kuliah gue yang hoby travelling ato yang mereka-mereka yang barusan dari Jogja. Setelah gue dapat info, gue masih belum puas. Soalnya rata-rata gue dikasih info hotel yang lumayan harganya. Kalo gue sehari di Jogja dan tinggal di hotel mahal sih gue jabanin, lha 4 hari lho gue tinggal di Jogja. Bangkrut gue kalo harus nguras kantong buat penginapan aja -___-

Setelah gue tanya-tanya ke temen kuliah dan gak ada yang rekomended buat gue, gue pun nulis di Personal Message di BBM. Gue disitu bilang, yang orang Jogja atau yang kuliah di UGM silahkan PING gue. Soalnya ini mepet banget, jadi mau gak mau gue harus SKSD sama orang yang bakal ngasih info ke gue. Setelah gue abis bikin status kayak gitu, ada yang ngaku anak Jogja dan ngasih tau banyak banget info penginapan. Gue seneng dan terharu banget ketemu orang-orang yang punya niat baik gitu. Semoga aja orang-orang yang punya niat baik gitu diberi balasan sama Allah dengan kebaikan pula. Amiin..

Oke back to nature! *lho. Setelah gue dapat info dari anak UII yang ada di BBM, gue masih tanya-tanya lagi ke temen-temen gue. Karena gue masih gak putus asa nyari info siapa tau dapat tempat gratisan gitu. Haha.. Hari gini gitu lhoo, mau gak mau harus nyari gratisan. Haha.. ya sekalian lah nyambung silaturrahmi :D *alesan. Akhirnya gue tanya ke temen gue, eh dia malah ngerekomenin temen SMA kita cowok. Namanya Anang. Gue yang aslinya jarang bahkan hampir gak pernah ngobrol sama dia, akhirnya karena gue kepepet, gue nyari-nyari dan beraniin minta tolong ke dia. Haha.. Gue tanya-tanya ke temen SMA kontaknya dia, eh gak ada yang punya. Cuma dikasih akun twitternya. Setelah gue liat twitternya, dia jarang banget ngetweet. Soalnya terakhir dia ngetweet itu sebulan yang lalu. Trus gue nyari facebooknya, gue gak nemu. Trus gue tanya-tanya temen SMA yang suka banget FB an, akhirnya gue dikasih tau akunnya. Gue pun langsung nginbox dia. Eh setelah gue munyeng-munyeng dan nginbox anang, temen gue secara tidak berdosa punya PIN BB nya dia. Ya ampun kenapa gak bilang dari tadi -___- oke fine gapapa. Yang penting uda dapat. Begitu dapat, langsung dah gue invite dan gak perlu berpikir panjang dan gak perlu malu-malu. Haha,.. Setelah kita berteman, gue gak usa basa-basi, gue langsung ke topik utama kalo gue minta info penginapan murah di Jogja. Haha.. Dia dengan tenangnya bilang, “kamu nginep ditemenku aja”. Waah... gue seneng-seneng sungkan. Haha..

Disisi lain, gue seneng karena gue bakalan dapat penginapan gratis gak bayar dan bisa menghemat pengeluaran gue. Tapi disisi lain, gue nginep dirumah orang yang sama sekali belum gue kenal sekalipun. Akhirnya gue setuju tinggal dirumahnya temennya temen gue itu soalnya gue kan gak tau daerah Istimewa Yogyakarta. Gue kan takut ditipu atau kesasar gitu, ya bukannya negative thinking sih. Namanya juga baru kali ini traveling sendirian dengan jarak tempuh yang lumayan jauh jadi antisipasi aja :|

Setelah gue deal ditawarin nginep dirumah temen temennya temen gue (susah amat nulisnya -__-) gue akhirnya dikasih PIN BB nya, gue pun tak menunggu lama buat nge-invite. Oke, dia cantik. Namanya Dinda. Setelah gue kenalan dan sebagainya, gue pun setuju nginep ditempatnya. Ya walaupun agak sungkan sih karena baru kenal H-2 sebelum berangkat ke Jogja. Haha.. Setelah gue fix nginep dirumahnya, gue akhirnya bisa bernapas lega. Gue dapat penginapan gratis. Yeyy!! Haha.. Ya bukan itu aja sih, artinya gue gak usa kayak orang ilang nyari alamat penginapan atau yang lainnya karena gue udah di BBM disuruh turun di daerah bla bla dan kemudian gue dijemput disitu. Kan mayan juga toh :D *Gratis Gratis Gratis, mayan mayan mayan, haha (˘͡˛ ˘͡ )"

Oke back to trip. Pas gue sampek Jogja, bukannya malah seneng, tapi malah bingung. Pertama, gue gak tau arah Jogja. Ya walaupun gue udah dikasih tau turun mana dan bakalan dijemput, tapi kan gue masih kayak orang bego -____- lha 20 menit sebelum nyampek tempatnya, tiba-tiba ada musibah. Bis yang gue tumpangi bannya bocor. Lha pas itu, gue ngobrol sama ibu-ibu dan alhamdulillah Ibunya itu care banget sama gue. Ya inilah senengnya pas travelling sendirian dan banyak banget bertemu dengan orang-orang baik. Soalnya kan gue drama holic, jadi gue selalu terbayang kalo traveling sendirian nanti bakal dicopet trus nanti ketemu cowok penolong dan kita kenalan lalu jadian. Haha.. *usir pikiran ini*

Oke, setelah gue ngrobrol sama ibu itu, gue makan bekal yang disiapin sama ibu gue. Kan kasian kalo gak dimakan. Hehe.. lagian saat gue makan di tempat yang disediain sama pihak bisnya, gue makannya Cuma’ sedikit. Soalnya saat itu perut gue rasanya pengen muntah. Lha sekalian nunggu ban bisnya diperbaiki, gue makan aja. Eh.. pas masih 3 kali suapan, udah ada bis selanjutnya dan kita semua di oper. Gue yang makan akhirnya bingung, soalnya baru kali ini gue ngalami bis bannya bocor dan dioper. Lha pas gue turun, gue ke bagasi buat ambil koper. Lha kok bagasinya sudah kosong gak ada barang dan koper-koper. Gue rasanya pengen nangis. Ternyata gue lihat kondektur bis yang pertama nyari-nyari gue sambil ngangkatin koper gue. Syukurlah.. gue kira ilang -__- Lalu si kondektur pertama berpesan kepada kondektur bis kedua dengan bilang “Iki penumpangku turun di Pring Sewu. Jogoen lho yoo..”. Ya ampuuuun.. gue terharu banget atas sikapnya pak kondektur bis pertama yang gue tumpangi :")
Lalu apa yang terjadi saat gue ganti bis??? akankah gue bertemu pangeran berkuda? -,-
To be continue yaaaa \(‾\) (/‾)/ (_o_) \(\) (/‾)/ ---> Postingan berikutnya.Tetep pantengin blogku yaaaaa :)) hihihi *kayak ketwanya si Kunti ._.