Boleh nggak sih, membawa Make Up ke Sekolah?

hypebae

Tahu kan yang lagi rame soal permakeupan saat ini? Yah, OSIS di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) lagi razia ‘make up’ teman-temannya yang di bawa ke sekolah dan kemudian menjadi viral di media sosial, hingga menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

Sebelum jauh dari benar atau salah soal membawa make up ke sekolah, mari kita ketahui terlebih dahulu soal perbedaan make up dan skin care. Soalnya di foto yang beredar, kebanyakan anak SMA tersebut membawa skin care bukan make up.

 http://jihandavincka.com

Apa saja sih produk dari make up itu? Make up itu termasuk foundation, concealer, blush on, powder atau bedak, eye shadow, eye liner, mascara, pensil alis dan lip produk atau lipstick. Sedangkan untuk skin care produknya yaitu toner, lotion, booster, serum, essence, ampoule, emulsion, mouisturizer, face oil, sleeping mask. Bagaimana, sudah bisa membedakan mana produk dari make up dan skin care kan?

Aku adalah Guru BK di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di mana, di tempatku bekerja itu terdapat peraturan tentang penggunaan make up berlebihan dan peraturan membawa make up. Karena masih SMP, peraturan jelas melarang siswa membawa make up. Lantas, di jenjang Menengah Atas diperbolehkan atau juga di larang?

Kenapa sih, penggunaan make up di larang berlebihan dan kenapa tidak diperbolehkan untuk membawa make up? Tahu kan, bahwa yang berlebihan itu nggak baik? Hehe.. berarti, boleh dong menggunakan make up ke sekolah? Ayo, di ingat sama tulisan di atas bahwa bedak itu termasuk make up lho, jadi boleh dong pakai bedak sebelum berangkat ke sekolah. Masak muridnya pakai bedak nggak boleh? Hehe…

Lantas, kalau bawa skin care diperbolehkan dong? Kan bukan make up! Sorry to say, Kalau di jenjang Menengah Pertama, saya rasa masih belum diperbolehkan juga deh. Hehe.. oh why?!

Siswa SMP itu berada di rentang usia 12 – 16 tahun. Mereka masuk dalam kategori usia remaja yang rentan akan kulit berjerawat akibat hormon androgen yang meningkat. Peningkatan hormon tersebut biasanya di mulai pada usia 14 tahun. Dalam health detik, dr Gloria, SpKK mengatakan “Secara alami, saat pubertas hormon androgen meningkat di dalam tubuh. Hormon ini memicu kelenjar sebum untuk mengeluarkan minyak, akibatnya kulit akan menjadi lebih berminyak. Efek yang ditimbulkan adalah sel-sel kulit dan folikel rambut menjadi tersumbat. Jika saat itu kondisi kulit sedang kotor, maka akan menjadi jerawat”.

Dalam rentang usia tersebut, mereka harusnya sudah bisa merawat diri dong.. Oh jelas! Apalagi aku ini perempuan yang kalau lihat murid perempuan punya kulit bagus itu seneng banget. Rasanya pengen tanya rahasianya apa? Hehe.. bahkan sudah sering tanya sih.
Tapi, sorry not sorry nih.. memakai skin care kan bisa dilakukan pagi hari, sebelum berangkat ke sekolah dan dilakukan di malam hari sebelum tidur kok. Jadi, untuk alasan apa nih membawa skin care ke sekolah?

“lho bu, sekolahnya kan sampai sore?”

“abis olahraga, rasanya pengen cuci muka muluu  dan biar lebih fresh kan kudu touch up lagi bu!”

“iya nih, abis olahraga itu rasanya pengen mandi lagi dan pakai parfum biar nggak bau badan”

Oke, gini biar ibu jelasin. Yaelah.. ibu banget ya diriku, haha..

Seperti yang dr Gloria katakan, bahwa meningkatnya hormon androgen yang muncul saat pubertas ini menghasilkan kelenjar sebum untuk mengeluarkan minyak yang berlebihan. Apalagi usia mereka itu sangat aktif-aktifnya untuk bergerak ke sana ke mari. Selain solusi membawa sabun mandi saat olahraga atau parfum, ada solusi lain kok. Yaitu menjaga kebersihan badan di setiap harinya. Caranya gampang, selalu mandi 2 kali sehari dan rutin memakai deodorant. Untuk mandi pun, bukan sekedar mandi yang jebar-jebur doang.

Pastikan semua tubuh sudah bersih dan keluar dari kamar mandi pun wangi sabun. Baju yang di pakai pun harus diperhatikan dan memang benar-benar harus bersih juga. Seringnya nih, kaos olahraga lupa di cuci dari minggu kemarin. Apalagi soal kaos kaki yang putih bisa jadi keabuan gara-gara lupa nggak di cuci. Jika dari rumah sudah memakai kaos olahraga, maka seragam sekolah yang di simpan di tas itu pastikan dilipat dengan rapi dan sudah berbau wangi akibat semprotan maut parfum. Lha, dari hal yang seperti itu dulu harusnya di perhatikan.

merdeka.com

Dan untuk masalah wajah, yang mana usia remaja itu gampang banget jerawat muncul, kulit kusam hingga kulit mengelupas. Gimana dong solusinya? Seperti yang aku bilang di atas, untuk perawatan wajah bisa kok dilakukan di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah dan pada malam hari sebelum tidur.

Aku juga seorang perempuan, yang mana selalu aware soal kulit wajah dan tubuh. Aku juga perempuan pada umumnya, kalau wajah ada jerawat, maka akan senewen dan kurang PD. Kalau kulitku kering banget atau tangan dan kaki jika di garuk kemudian ada bekas goresan putih di kulit, aku merasa gagal banget buat menjaga tubuh. Apakah itu lebay? Aku rasa sih nggak ya, hehe.. Karena memang bagaimana pun, kulit adalah salah satu bagian tubuh kita yang harus di beri nutrisi sama sama seperti organ tubuh lainnya.

Namun sebelum semua itu pun, harus dibarengi pengetahuan tentang jenis kulit apa yang kita miliki sehingga tidak salah menggunakan produk skin care atau make up. Karena salah pemakaian penggunaan produk itu juga berakibat kulit menjadi iritasi hingga menjadi rusak. Maka harus di perhatikan betul.

dephositphotos.com
Kebersihan kulit wajah pun harus di rawat, seperti selalu memakai pembersih setelah aktivitas selesai. Ini yang sering banget terlupakan karena merasa sudah sangat capek sekali jika sudah sampai rumah dan bawaannya ingin selalu langsung gegoleran di kasur sambil main hp yang lupa akan waktu… Ayo diubah kebiasaan itu. Selesai pulang sekolah, jangan lupa mengambil kapas dan micellar water alias pembersih untuk menghapus make up (sekalipun pemakaian hanya bedak bayi) dari pagi hari dan debu serta kotoran yang menempel di wajah. Itu penting banget!! Karena jika kita tidak membersihkan kulit wajah selesai aktivitas, jangan salahkan jerawat mulai bermunculan. Namun bukan hanya itu saja lho, ternyata pola tidur dan apa yang kita makan juga berpengaruh sama kulit tubuh kita. Jadi baiknya, makan sayur banyak-banyak deh kalau ingin kulit tetap terjaga. Oia, tetap jaga kesehatan mental karena kalau stress juga memicu tumbuhnya jerawat lho..

Dan yang sering aku temui pada murid itu penggunaan lipglos yang membuat bibir semakin merekah secerah mentari di pagi hari, hihi.. Aku sih nggak pernah menyalakan mereka yang menggunakan lipglos. Toh, memang alasannya untuk menjaga bibir agar supaya selalu lembab. Bagus itu. Berarti mereka aware. Soalnya kalau bibir kering hingga pecah-pecah, itu hal yang luar biasa menyebalkan dan sakit. Namun, ada baiknya jika ke sekolah dan ingin memakai lipglos, pakailah yang tanpa warna. Dan jangan lupa juga, saat di rumah itu kita punya lip cream alias krim bibir agar supaya bibir selalu lembab sekalipun tanpa pemakaian lipglos. Cara pakai krim bibir pun bisa dilakukan seperti merawat wajah. 

Setelah wajah glowing, jangan lupa dong untuk tangan dan kakinya juga di kasih nutrisi. Caranya ya apalagi kalau dengan hand and body lotion. Penggunaan hand body lotion ini juga disamakan seperti perawatan wajah pagi dan malam hari atau kalau mau di tambahi setelah mandi sore selesai pulang sekolah pun malah lebih bagus. Mudah kan?

gambar: google
Jadi, sampai sini, masihkah kesulitan untuk merawat kulit wajah, tangan dan kaki? Dan masihkan kalian, para siswi yang duduk di bangku SMP atau SMA perlu membawa make up atau skin care ke sekolah? Kalau pada lomba-lomba bawa make up ke sekolah, kalian ini statusnya jadi murid atau MUA? Hehe…

Sangat dianjurkan lho, kita para perempuan untuk aware soal kulit, namun ada waktu dan tempat yang cocok saat melakukan perawatan. Apakah sekolah termasuk tempat yang cocok? Jelas sekolah tempat yang cocok untuk belajar. Belajar menjadi cantik dari dalam. Dengan cara berlomba-lomba untuk belajar attitude dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Biar nanti saat di rumah waktunya me time, memanjakan diri dengan belajar menjadi cantik dari luar. Bukan begitu, girls

Beauty inside and outside :)

2 comments:

  1. Setuju banget knp harus smpe bawa skin care ke sekolah. Kasian jg yg nggak bisa beli skin care nnti jadi Pngen nggak sih bu guru.
    Ak malah mikirnya kesana ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak. aku juga mikir itu sih. Soalnya namanya cewek, kalau temennya punya kulit bagus pasti envy

      Delete

Powered by Blogger.