Transportasi di Kuala Lumpur

Biar kekinianlah ya foto di sini :')


Malaysia adalah destinasi wisata yang murah. Selain harga tiket pesawat sering ada promo, kehidupan disana juga cukup terjangkau. Untuk urusan makan, penginapan bahkan transportasi.



Sebenarnya sudah banyak sekali para blogger yang nge-review tentang transportasi di Malaysia. Terutama buat para penikmat liburan dengan budget minim macam aku.

Untuk berpergian ke tempat tujuan di Kuala Lumpur, kita tak perlu kuatir atau bingung. Banyak macam transportasi yang bisa kita gunakan dan manfaatkan. Contohnya Bus Go KL atau Bus Percuma (bahasa Melayu) alias gratis. Iya, gratis. Cuma-cuma gitu.

Penampakan Bus Go KL di belakangku

Bus Go KL ada empat rute, dengan tujuannya kemana saja?

  • Red Line (Go Relax)
Dari Terminal Bus Titiwangsa menuju KL Sentral
  • Blue Line (Go Work)
Dari Terminal Bus Titiwangsa menuju Bukit Bintang
  • Purple Line (Go Sightsee)
Dari Pasar Seni menuju Bukit Bintang
  • Green Line (Go Shopping)
Dari KLCC menuju Bukit Bintang

Dari ke empat Line Go KL itu, tiga Line sudah aku coba. Kecuali Blue Line yang belum aku naiki. Dan dari ketiga line itu, paling enak dan nggak bikin panik itu Go KL Red Line. Karena di jika naik Red Line itu ada pemberitahuan sekarang berada di tempat pemberhentian mana. Sedangkan line yang lainnya, kita harus ekstra memperhatikan dan bertanya-tanya kepada orang yang berada di dalam bus tempat pemberhentian yang di tuju.


Namun tidak usah khawatir jika kalian kesasar atau salah turun jika naik Go KL. Karena kita bisa naik bus Go KL selanjutnya. Sekalian jalan-jalan menikmati Kuala Lumpur, mumpung gratis. Hihi.. jika tidak ingin kesasar, maka silahkan download route maps dibawah ini atau bisa pantau melalui GPS.


Bus Go KL route map




Foto di atas aku di Sultan Abdul Samad Building di depannya Dataran Merdeka. Dari bukit bintang ke Dataran Merdeka, bisa naik bus Go KL menggunakan purple line. Nanti turun di Pasar Seni. Sampai pasar seni, jalan sedikit bisa menemukan Central Market. Btw, di Central Market biasanya para pelancong membeli oleh-oleh. Dan tidak sedikit penjualnya adalah orang Indonesia. Jadi bisalah di tawar dengan bawa-bawa hubungan persaudaraan di tanah air, haha. Kemudian, agak jalan sedikit dari Central Market, kita bertemu dengan China Town dan juga Dataran Merdeka. Di situ banyak sekali bangunan-bangunan yang bisa kita temukan. Pokoknya jalan kaki saja. Nggak jauh kok :)

Museum Textil Buiding
Galeri Kuala Lumpur

Selain Bus Go KL yang gratis, kalian bisa menikmati bus yang berbayar. Ada pula LRT, KTM, MRT atau pun kereta express. Bisa juga mendapatkan Taxi atau yang online. Semuanya tinggal pilih tergantung jarak, jauh dekatnya tujuan yang akan di tuju.

ini di dalam KTM menuju Batu Caves Temple

Tidak perlu khawatir soal kenyamanan dan kebersihan. Disana, transportasi umum sangat bersih. Aku pun sudah coba naik LRT, KTM dan Monorail. Dan nggak perlu malu untuk foto kayak aku begitu, karena orang disana juga "yaudalah", Haha.. eh tapi ini memang agak kosong karena aku ke Batu Caves pas weekdays, jadi amanlah.. nggak penuh-penuh banget.
Monorail line




KTM Route map

Dan semuanya murah!! W A I N I !
Seneng banget akutuh kalau ada yang murah-murah apalagi gratis. Haha.. naik LRT, KTM dan Monorail tidak pernah merogoh kocek yang besar. Paling mahal ya cuma 5 RM. Tapi kalau kereta express ya jangan tanya berapa duit, pasti dan yang jelas mahal. Aku sempat tanya, dari Bandara KLIA2 menuju KL Sentral itu merogoh kocek 55RM. Hmm… pelancong macam aku mah apa, cuma keset welcome depan pintu rumah :’) Hayati nggak sanggup, Bang! 
nggak sanggup kita, nggak sanggup :')

Soal kenyamanan, bagiku nyaman banget. Sekalipun saat naik monorail, aku dan temenku harus berdiri, karena jam pulang kerja. Tapi sama sekali tidak membuat kita merasa nggak nyaman ataupun ngeluh. Karena penuhnya ya nggak sampai harus desak-desakan ala bus ekonomi antar kota di sini :’)

Bagiku, liburan itu yang paling penting adalah bagaimana kita mendapatkan alat transportasi dengan mudah. Karena untuk moving on perlu sekali kemudahan agar cepat sampai tujuan dan tidak merusak itinerary yang sudah dibuat. Cukup move on dalam cinta saja yang butuh effort besar, cari alat transportasi dalam liburan jangan! Ck.

saranghe :')


No comments:

Powered by Blogger.